Saturday, September 1, 2007

Pondok Indah menolak

Warga Pondok Indah Tetap Tolak ”Busway”

Warga Pondok Indah menentang tegas rencana pembangunan busway koridor VIII, tujuan Harmoni – Lebak Bulus yang direncanakan melintas di Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan.

“Kami tidak menolak keberadaan busway, tapi menolak jalur yang akan dilintasinya. Jangan gunakan Jalan Metro Pondok Indah yang merupakan jalan permukiman yang sekarang telah menjadi jalan utama. Pembangunan busway tersebut tak sesuai dengan master plan perumahan Pondok Indah yang mereka beli dengan mahal untuk mendapatkan suasana yang asri tenteram dan nyaman,” kata Mayjen TNI (purn) HM Sulaiman, Ketua Kelompok Peduli Lingkungan Pondok Indah saat memimpin diskusi bersama warga Pondok Indah lainnya, Jumat (31/8) malam.

Dalam diskusi yang dihadiri PT Metropolitan Kencana selaku pengembang awal perimahan Pondok Indah itu, Sulaiman mengatakan, sebelum merealisasikan pembangunan busway koridor VIII yang saat ini masih tertunda, pemerintah seharusnya berpikir terlebih dahulu. Kondisi jalan di sini sudah macet sejak Jalan Metro Pondok Indah dijadikan sebagai jalan arteri.

Menurutnya, kehadiran busway akan semakin memperparah kemacetan hingga akhirnya membuat kenyamanan dan keamanan para penghuni terganggu. Dengan dibangunnya busway, jalan yang sebelumnya selebar tujuh meter hanya akan menjadi lima meter. Para pengemudi kendaraan akan masuk ke jalur permukiman untuk mencari jalan alternatif guna menghindari kemacetan,” jelas lelaki yang juga merupakan Dewan Kelurahan setempat.

Ditambahkan Sulaiman, selain memperparah kemacetan, busway koridor VIII juga akan merusak lingkungan di sekitar Pondok Indah. “Pembangunan busway tersebut akan menebang pohon-pohon yang merupakan paru-paru lingkungan. Polusi akan semakin bertambah,” ujarnya.

Permasalahan busway tersebut, menurut Sulaiman, dapat diselesaikan menggunakan dua alternatif. “Alternatif pertama busway tersebut tak perlu sampai Lebak Bulus. Cukup berhenti di Masjid Biru dan memutar kembali ke jalur balik. Sediakan saja bus feeder untuk mereka yang ingin menempuh perjalanan selanjutnya ke Lebak Bulus,” ucapnya.

Sedangkan alternatif kedua jika pemerintah tetap ngotot ingin membangun busway hingga Lebak Bulus, menurutnya, dapat menggunakan jalur lain tanpa melewati Jalan Metro Pondok Indah, yaitu melalui Jalan Ciputat Raya dan Jalan Iskandar Muda. (bachtiar)SINAR HARAPAN

No comments: