Friday, April 4, 2008

Koridor 8-10 beroperasi Juli?

Dinas Perhubungan (Dishub) sampai saat ini masih merampungkan pembangunan infrastruktur, seperti halte, jembatan penyeberangan, pengadaan bus, di koridor 8-10. Jika pekerjaan infrastruktur selesai pada Juni, perkiraan Juli tahun ini juga ketiga koridor busway dapat beroperasi.

Pembangunan halte bus pada Koridor-8 sebanyak 20 halte dengan biaya Rp103,5 miliar.Koridor-9 sebanyak 23 halte dengan biaya Rp135,7 miliar dan Koridor-10 18 halte menghabiskan Rp102,7 miliar. "Untuk tiga koridor busway itu Dinas Perhubungan DKI membangun 61 unit halte atau shelter bus,” ungkapnya. Bus Transjakarta yang beroperasi di tiga koridor itu diperkirakan mencapai 200 unit.

Terkait pengadaan bus tersebut, Pemprov DKI Jakarta memperolehnya dari pelelangan dan konsorsium. Persentasenya dibagi, yakni 40% dari pelelangan dan 60% dari konsorsium. Di lain pihak,Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Budi Widiantoro mengatakan,pengerjaan tiga koridor busway itu sudah rampung. Artinya, busway untuk Transjakarta itu sudah dapat beroperasi. "Untuk pembangunan jalan oleh PU sudah rampung. Jadi, sudah dapat dilalui busway (Transjakarta) kapan saja,” katanya kepada SINDO pagi tadi. Budi menegaskan, pihak kontraktor memberi jaminan bangunan jalur busway hingga Mei. [dari Koran Sindo]

No comments: